Senin, 31 Januari 2011

Merancang

Banyak orang mengira merancang itu pekerjaan mempercantik wajah atau merias sebuah barang. Tentu saja hal itu termasuk di dalam unsur merancang, tetapi merancang bukanlah cuma mempercantik.

Kursi yang dirancang dengan baik tidak saja kelihatan menarik tetapi juga berdiri kokoh dan nyaman bagi yang mendudukinya. Aman bagi penggunanya, hemat dalam biaya pembuatan dan yang penting adalah kursi tersebut harus sesuai dengan fungsi yang diinginkan, hanya sebagai tempat duduk, duduk sambil bekerja, sambil istirahat, makan atau sambil melakukan kegiatan lainnya.

Merancang ialah proses mencipta rupa untuk maksud tertentu. Berbeda dengan lukisan dan patung yang merupakan perwujudan pandangan dan khayalan seniman pribadi, karya rancangan memenuhi sebuah kebutuhan praktis. Sebuah karya cetak, misalnya yang terpampang di depan umum, menyampaikan sebuah pesan. Karena itu sebuah karya rancangan harus mampu memenuhi kebutuhan penggunanya.

Singkatnya, karya rancangan yang baik ialah ungkapan rupa yang sebaik-baiknya, inti dari 'sesuatu', entah itu sesuatu pesan atau fungsi. Untuk membuatnya dengan tepat, seorang perancang harus mencari cara terbaik agar 'sesuatu' itu dapat dibentuk, dibuat, disebarkan, digunakan dan dikaitkan dengn lingkungan. Ciptaan seorang perancang jangan hanya indah, melainkan harus berfungsi dan mencerminkan atau memadu dengan selera jaman, atau biasa disebut "style".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar