Senin, 14 Februari 2011

Mengenal Kulit Kita (2)

Yang Terjadi Pada Saat Kulit Menua ?

Kekuatan dan kelenturan kulit ditentukan oleh protein kolagen & elastin. Ketika terjadi penuaan, kedua serat ini akan mengalami kemunduran. Tanda-tanda penuaan akibat melambatnya proses regenerasi tubuh yang alami mulai tampak pada usia sekitar 25 tahun, dimana pergantian sel tua oleh sel yang baru mulai melambat. Pada usia 30 tahun mulai muncul kerutan halus yang pertama. Selanjutnya proses penuaan semakin dipercepat pada usia sekitar 45 tahun, yang ditandai dengan adanya perubahan hormonal dan proses lainnya yang menyebabkan kulit mulai menipis. Proses penuaan menimbulkan sejumlah perubahan fungsional pada kulit :



Pemaparan radiasi ultraviolet (sinar matahari) yang berlebihan bisa mempercepat kerusakan kolagen dan elastin kulit. Akibatnya kulit menjadi keriput, kering, kasar, kendor dan timbul bercak-bercak kehitaman (flek). Inilah yang disebut dengan penuaan kulit dini (fotoaging). Seseorang yang mengalami fotoaging akan tampak lebih tua dari umurnya. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya penuaan dini :
  • hindari paparan sinar matahari (langsung maupun tidak langsung), terutama antara jam 10.00 - 15.00.
  • jika keadaan memaksa Anda untuk berada di bawah sinar matahari langsung, maka gunakanlah pakaian yang melindungi tubuh (celana panjang, kemeja berlengan panjang atau topi lebar).
  • jika harus berada di bawah sinar matahari selama lebih dari 20 menit, maka Anda perlu menggunakan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih. Bahkan meskipun cuaca mendung, Anda harus tetap menggunakan  tabir surya karena 80% dari sunar ultraviolet tetap akan sampai ke tanah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar