Senin, 28 Februari 2011

Apakah anda orang tua yang terlalu protektif ?

Antara menjaga keselamtan anak dan terlalu protektif terdapat batas yang tipis. Orang tua yang berhasil adalah yang tahu kapan harus melangkah mundur dan membiarkan anak terbang begitu ia siap. Di zaman seperti sekarang ini, rasanya semakin sulit menjaga anak agar selalu sehat dan selamat. Masih bayi dan berada di rumah sendiri pun sudah dikelilingi benda berbahaya, dari benda-benda tajam, cat yang mengandung timah, sampai virus-virus misterius penyebab penyakit berbahaya.

Sejalan dengan pertumbuhan anak Anda, rasa cemas Anda juga ikut tumbuh bersamanya. Untuk tumbuh menjadi anak yang sehat sejahtera, anak Anda memerlukan perhatian dan perlindungan. Perhatian dan perlindungan yang berlebihan membuat anak sulit mengembangkan rasa percaya diri dan ketangguhan yang diperlukan di kemudian hari. Karena itu, sebagai orang tua, anda dituntut untuk menemukan keseimbangan antara tidak melindungi, dimana anak-anak Anda mengalami suatu yang sebenarnya mereka belum siap hadapi. dan terlalu melindungi, menghilangkan kesempatan penting untuk perkembangan dan meruntuhkan kemampuan mereka untuk bernegosiasi dengan tantangan-tantangan kehidupan

Perlu diingat, orang tua yang sukses adalah yang mendidik anak yang bisa mengurus dirinya sendiri. Untuk itu, Anda harus mengizinkan anak Anda menguji sayapnya. Anda tidak mendorongnya keluar dari sarang sebelum dia dipersiapkan untuk terbang. Anda juga tidak menahannya ketika dia sudah siap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar