Senin, 21 Februari 2011

Ayo Selamatkan Bumi !

Untuk menyelamatkan bumi, mulailah dari langkah kecil dan dari sekarang

Bayangkan setiap kali berbelanja di supermarket atau pasar tradisional, kita pasti pulang dengan membawa tentengan kantong plastik. Sampai di rumah, tak jarang kantong plastik itu dibuang begitu saja. Kita mungkin tak terlalu peduli kalau sampah ini tak bakal membusuk dan bisa berdampak buruk bagi lingkungan, terutama kantong kresek hitam. Tahun lalu, Badan POM RI telah mengeluarkan peringatan keras agar kita tidak lagi menggunakan kantong plastik daur ulang ini untuk mewadahi langsung makanan siap santap.

Inilai saatnya kita harus segera berbuat sesuatu untuk mengurangi beban lingkungan. Tak usah muluk-muluk melakukan hal besar, kita bisa memulainya dari langkah kecil dan sederhana, misalnya dengan mengubah kebiasaan belanja kita.

Tip belanja ramah lingkungan, antara lain :
  1. Usahakan membawa tas belanja dari rumah, karena akan mengurangi konsumsi kantong plastik. Beberapa tempat belanja bahkan telah menyiapkan tas belanja kain bahkan kardus untuk barang belanjaan yang banyak
  2. Bawalah wadah khusus penyimpanan makanan yang kedap udara. Untuk sayuran, daging atau ikan, mintalah penjual untuk menyimpan langsung di wadah tersebut.Pastikan wadah tersebut memiliki tutup yang cukup rapat, sehingga Anda tidak perlu memindahkannya lagi sebelum disimpan di lemari es. Mobil anda pun bebas bau tak sedap.
  3. Jika ingin membeli lauk atau jajanan berkuah seperti bakso atau soto ayam, tak ada salahnya anda selalu siap membawa wadah yang jenis tutup yang rapat dan kedap cairan. Dengan begitu, aroma makanan tidak hilang, mutu tetap terjaga dan kuahnya tidak tumpah.
Langkah ini bisa menjadi salah satu wujud nyata sebagai tanggung jawab kita untuk menyelamatkan bumi.

Bayangkan jika semua orang melakukan hal yang sama, pastilah wajah bumi ini akan kembali tersenyum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar